<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8445800\x26blogName\x3dDigital+Think+of+Jie\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://geewaq.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://geewaq.blogspot.com/\x26vt\x3d-4801996207808622547', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Digital Think of Jie

Everything in my brain, my blood, my pulse...Blend together in this Digital Think

Bakso, Aman gak ya ?

Bakso, panganan bola2 daging yg oke banget dimakan kalo sore2. Apalagi pas lagi ujan2 gitu... wah cucok dah. Macamnya juga beragam. Ada bakso halus, kasar, urat, puyuh dan varian-variannya. Biasanya juga ditambah tahu, gorengan & siomay. Aq lumayan suka makan bakso, seminggu bisa 2-3 kali.

Tapi sekarang aq rada il-fil sih sama yg namanya bakso. Gara2nya belakangan muncul pemberitaan yg heboh tentang penggunaan bahan kimia pada produk2 makanan. Dan kalo dianalisa, bakso termasuk makanan yg paling komplit dosa2nya >.< Let's see one by one ya :

1. Pentol bakso
Bisa mengandung 2 sekawan bahan kimia, si formalin & boraks. Formalin buat mengawetkan, in case kalo gak laku hari itu bisa dijual lagi besoknya. Boraks dipake buat mengeraskan pentol, so gak perlu pake daging yg banyak. Trus... pernah denger gak isu pentol pake daging tikus ?? Gw barusan abis liat Reportase Trans TV, ada liputan soal bakso yg pake daging tikus sawah & tikus got. Konon, rasa pentol daging sapi & tikus gak bisa dibedakan !

2. Mie & Tahu
Nah.. jenis mie basah & tahu juga termasuk jenis makanan yg diisukan rawan penggunaan formalin.

3. Saos
Tau kan saos yg biasa dipake buat makan bakso ? Itu tuh.. jenis saos tomat buatan yg dibikin pake labu *baru tau kan ??!* Warna merah pekat di saos itu jelas menggunakan pewarna makanan yg berbahaya. Tapi jujur aja neh, kalo makan bakso pake tomat ABC gak afdol coy !! =P

4. MSG

Vetsin ! Bahan kimia yg dipake untuk mempertegas rasa. Si abang tukang bakso pasti gak pernah alpa naburin bahan ini, makin banyak makin sedap -makin bahaya tentunya !

Eh.. dari tadi omong2 bahaya, tapi apa sih efeknya ? Kata bapak2/ibu2 di tivi yg ngakunya pakar kesehatan itu, bahan spt formalin & boraks bisa memicu kanker kalo dikonsumsi secara berlebihan. Tapi kalo kamu makannya hari ini kanker-nya gak kambuh besok, tapi dalam waktu beberapa tahun. Mungkin sementara kurangi dulu jajan baksonya kali yee...
« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »